Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Terjadi

 Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Terjadi

Kehamilan adalah salah satu anugerah terindah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk setiap pasangan suami istri. Bahkan bagi pasangan yang baru saja menikah tentu saja kehadiran calon bayi tersebut akan menjadi sebuah kabar bahagia. Tidak jarang banyak pasangan yang melakukan banyak cara dalam menjalankan program kehamilan pertama.

Di awal proses terjadinya kehamilan, tentu saja seorang wanita akan mengalami berbagai gejala yang tidak biasa. Bahkan mungkin bagi wanita yang awal atau baru pertama kali hamil akan kaget dengan gejala gejala yang muncul di awal kehamilan. Terkadang banyak wanita yang tidak sadar dengan munculnya tanda awal hamil. Banyak yang menganggapnya sebagai gejala kesehatan biasa sehingga hal ini bisa berisiko membahayakan perkembangan janin.

Pemahaman mengenai tanda dan gejawal awal kehamilan memang penting untuk memberikan yang terbaik bagi calon bayi sejak awal kehadirannya. Jika mengetahui adanya kehamilan sejak awal maka bisa memberikan asupan nutrisi terbaik untuk calon bayi dan meminimalisir hal hal yang bisa mengganggu kehamilan. Beberapa Tanda Awal Kehamilan Yang Sering Terjadi:

Baca Juga: Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Dan Langkah Pencegahannya

Supaya kehamilan bisa dijaga sejak awal maka penting sekali untuk para wanita agar paham dan mengetahui tanda awal kehamilan. Jangan sampai awal kehamilan tidak mendapatkan perhatian khusus sehingga bisa mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan. Simak berikut ini tanda awal kehamilan tersebut!

1. Telat Menstruasi

Salah satu tanda yang mungkin lebih mudah dikenali akan adanya kehadiran janin dalam rahim atau hamil adalah telat mestruasi. Meskipun terkadang terjadi perubahan siklus menstruasi namun jika terjadi kehamilan maka telat menstruasi bisa lebih dari seminggu dari tanggal seharusnya atau biasanya datang bulan tersebut.

Untuk lebih meyakinkan maka bisa melakukan test kehamilan dengan menggunakan test pack atau memeriksakan diri secara langsung ke dokter kandungan agar lebih yakin dengan hasilnya.

2. Terjadi Perubahan Pada Payudara

Di awal kehamilan akan ada perubahan pada bagian puting payudara dan bagian payudara lainnya. Pada umumnya payudara akan lebih sensitif dan sakit saat disentuh. Selain itu, ukuran payudara lebih besar, keras dan lebih padat dari biasanya. Disamping itu, bagian puting akan mengalami perubahan menjadi lebih gelap warnanya.

3. Adanya Bercak Darah Dari Vagina

Kemudian tanda awal kehamilan lainnya adalah keluarnya bercak darah dari vagina di luar jadwal atau periode menstruasi. Darah yang keluar tidak banyak hanya berupa bercak bercak saja. Bercak darah ini keluar karena di dalam rahim terjadi proses menempelnya embrio pada dinding rahim.

4. Mudah Lelah

Ibu hamil di awal masa kehamilan akan lebih sering mengalami lelah, letih, mengantuk dan lainnya yang membuat malas untuk beraktvitas. Kondisi ini memang wajar terjadi dan sebaiknya perhatikan asupan nutrisi dengan konsumsi makanan sehat, bergizi dan perbanyak minum air putih.

5. Kram Perut

Adanya proses implantasi atau penempelan embrio pada tidak hanya mengakibatkan keluarnya bercak darah, namun proses ini juga akan membuat ibu hamil mengalami kram perut. Namun tentu saja kram perut yang terjadi masih dalam batas wajar dan tidak terlalu sakit. Gejala awal kehamilan ini tentu akan dialami oleh semua wanita.

Nah, itulah beberapa ciri atau tanda awal kehamilan yang perlu diketahui oleh setiap wanita. Tanda diatas hanya sebagian besar saja, masih banyak tanda awal kehamilan lainnya seiring dengan berkembangnya usia kehamilan atau janin di dalam rahim. Berikan asupan nutrisi terbaik sejak awa, kehamilan untuk tubuh kembang janin yang lebih baik dan sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel