Kenali Gejala Dan Penyebab Kanker Serviks Sejak Dini

Kenali Gejala Dan Penyebab Kanker Serviks Sejak Dini

Kanker menjadi salah satu jenis penyakit yang sangat ganas dan membahayakan. Pada kebanyakan kasus yang terjadi, kanker menjadi penyakit yang lebih dikenal dengan istilah silent killer. Mengapa demikian? Hal ini karena gejala kanker sangat sulit terdeteksi sejak awal kemunculannya sehingga akan terus berkembang hingga pada akhirnya masuk stadium lanjut yang lebih membahayakan. Salah satu contohnya kanker serviks yang menjadi pembunuh mematikan secara perlahan.

Bisa dikatakan demikian karena kanker serviks seringkali terlambat dalam hal penanganan sebab sulit sekali dikenali gejala awalnya. Seperti halnya penyakit lainnya, jika kanker serviks terdeteksi sejak awal maka akan lebih mudah dalam penanganan. Peluang untuk bisa sembut dari penyakit tersebut lebih mudah dan kemungkinan bisa sembuh total.

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang berkembang di bagian sel sel rahim wanita. Penyebab utama dari kemunculan kanker ini adalah virus HPV atau Human Papillomavirus. Virus ini bisa menular lebih mudah melalui hubungan badan atau hubungan intim. Selain itu, penyebab lainnya tentu dari kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari yang kerap kali tidak disadari memicu hal tersebut.

Faktor Penyebab Kanker Serviks Yang Harus Dihindari

Munculnya kanker serviks pada wanita tentu saja bisa disebabkan oleh banyak hal yang mungkin terkadang dianggap sepele. Dari kebiasaan sehari-hari bisa saja memicu munculnya perkembangan sel kanker di area leher rahim. Terkait penyebab kanker serviks, berikut ini faktor yang menyebabkan hal tersebut!

Baca Juga: Cara Alami Mengatasi Masalah Penyakit Hipertensi

1. Virus HPV (Human Papilloma Virus)

Penyebab timbulnya penularan kanker ganas ini salah satunya adalah virus. Human Papilloma Virus menjadi salah satu faktor penyebab penularan penyakit ini. Dari 100 jenis virus HPV, ada sekitar 13 jenis virus yang bisa menular melalui hubungan intim.

2. Kebiasaan Merokok

Wanita yang memiliki kebiasaan menghisap rokok berisiko terkena kanker serviks. Hal ini karena kandungan racun pada rokok akan memicu melemahnya sistem imun tubuh sehingga kemungkinan besar infeksi virus akan lebih mudah terjadi. Termasuk dalam hal ini virus penyebab kanker serviks.

3. Hubungan Seksual Di Usia Dini

Usia dini melakukan hubungan seksual akan memicu timbulnya kanker serviks. Risiko terkena kanker ini sangat besar sehingga perlu pendidikan seksual yang lebih tegas untuk wanita usia dini. Peran keluarga sangat penting untuk memagari setiap generasi muda agar tidak terjerumus pergaulan bebas.

4. Bergonta Ganti Pasangan

Kemudian kebiasaan wanita yang bergonta ganti pasangan dalam berhubungan intim juga akan meningkatkan peluang penularan virus penyebab kanker serviks. Hal ini perlu diwaspadai dan dihindari agar tidak terjadi infeksi virus tersebut.

5. Penggunaan Pil KB Jangka Panjang

Wanita yang menggunakan pil KB juga perlu waspada terhadap kanker serviks. Jika menggunakan pil KB dalam jangka waktu lama maka berpotensi terkena kanker serviks. Periksa dan lakukan konsultasi dengan dokter.

Gejala Kanker Serviks Yang Harus Dikenali Sejak Dini

Ada beberapa gejala kanker serviks yang perlu dikenali sejak dini agar bisa melakukan pencegahan dan pengobatan lebih mudah. Beberapa gejala diantaranya yaitu sebagai berikut!

A. Siklus haid tidak sesuai jadwal atau tidak teratur

B. Terasa nyeri di bagian panggul atau di perut bagian bawah

C. Terjadi pendarahan yang tidak wajar pada vagina di luar menstruasi

D. Terasa nyeri saat berhubungan intim

E. Pinggang terasa nyeri atau di bagian punggung bawah

F. Berat badan menurun secara drastis

G. Nafsu makan hilang

H. Mudah lelah dan lemas padahal tidak banyak aktivitas

I. Keluar cairan vagina disertai darah, berbau dan kadang gatal di area lubang vagina

Mengingat sangat berbahayanya risiko kanker serviks, maka dalam pencegahannya perlu menjauhi faktor risiko penyebab timbulnnya kanker tersebut. Biasakan pola hidup sehat dan hindari kebiasaan buruk terutama dalam berhubungan intim. Kanker jenis ini bisa dicegah dan diobati jika terdeteksi sejak awal kemuculannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel