Deteksi Kanker Pay*dara Sejak Awal Dengan Kenali Gejalanya

Deteksi Kanker Paydara Sejak Awal Dengan Kenali Gejalanya

Kanker masih menjadi salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini karena kebanyakan kanker jenis apapun itu sangat sulit dikenali gejalanya sejak awal. Kanker pada kebanyakan kasus terdeteksi saat kondisinya sudah masuk dalam stadium yang lebih parah. Bahkan kanker mengakibatkan kematian saat terdeteksi sudah di tahap akhir atau stadium lanjut. Termasuk pada kebanyakan kasus kanker pay*dara.

Kanker pada pay*dara terjadi karena adanya sel kanker yang terus berkembang di bagian jaringan pay*dara. Sel kanker tersebut bisa terbentuk dari bagian kelenjang penghasil air susu atau yang disebut dengan istilah lobulus. Bahkan ada juga sel kanker yang berkembang di bagian saluran air susu yang menuju ke puting.

Pada umumnya kanker ini terbentuk dari sel di dalam pay*dara yang tumbuh dan berkembang tidak normal. Perkembangan sel tersebut biasanya tidak terkendali sehingga menyebabkan bahaya bagi kesehatan. Lama kelamanan perkembangan sel tersebut akan menjadi sebuah benjolan.

Apa Saja Gejala Kanker Payudara? Berikut Ini Beberapa Gejala Yang Perlu Diwaspadai!

Supaya bisa melakukan pencegahan dan penanganan sejak dini maka penting untuk semua orang terutama wanita agar mengetahui gejala awal kemunculan kanker tersebut. Ada beberapa gejala yang umum terjadi yang bisa dikenali sejak dini, diantaranya yaitu:

Baca Juga: Kenali Gejala Dan Penyebab Kanker Serviks Sejak Dini

1. Terjadi Perubahan Kulit Di Area Pay*dara

Salah satu gejala awal adanya perkembangan sel kanker pay*dara adalah adanya perubahan kulit dan tekstur kulit di bagian pay*dara. Biasanya ada bagian kulit yang menebal di sekitar bagian pay*dara. Selain itu, kulit pay*dara akan berlesung mirip seperti kulit jeruk. Hal ini karena disebabkan oleh pembuluh getah bening yang mengkerut.

Hanya saja gejala perubahan tekstur kulit ini seringkali jarang disadari oleh kebanyakan wanita. Banyak yang menganggap perubahan kulit tersebut adalah hal yang biasa.

2. Muncul Benjolan di Pay*dara

Kemudian gejala awal yang muncul sebagai ciri dari adanya kanker pay*dara adalah terjadi benjolan di pay*dara. Gejala ini mudah dikenali karena pastinya akan ada perbedaan antara pay*dara bagian kiri dan kanan. Biasanya benjolan tersebut teksturnya agak keras namun saat ditekan masih terasa lunak, tidak terasa sakit saat ditekan, permukaan benjolan tersebut tidak rata dan hanya terdapat satu benjolan saja. Untuk mencegah timbulnya benjolan abnormal maka kamu harus memeriksa sendiri pay*dara secara rutin dan bila ada yang janggal segera konsultasi dengan medis.

3. Puting Pay*dara Seperti Tertarik atau Masuk Ke Dalam

Pada kebanyakan kasus, sel kanker akan menyerang serta mengubah bagian sel di belakang puting pay*dara. Kondisi tersebut akan mengakibatkan puting pay*dara lebih menjorok ke bagian dalam. Bahkan ukuran puting juga akan berubah dari biasanya.

4. Ukuran Pay*dara Besar Sebelah

Waspada jika ukuran pay*dara tiba tiba tidak sama atau besar sebelah. Pada dasarnya ukuran pay*dara memang tidak sama namun perbedaannya masih dalam batas wajar. Gejala kanker pay*dara akan membuat ukuran pay*dara jauh beda antara bagian kanan dan kiri. Bagian yang terkena kanker biasanya akan memiliki ukuran lebih besar.

5. Cairan Abnormal Dari Puting

Puting pay*dara yang terkena kanker akan mengeluarkan cairan berwarna cokelat lebih mirip darah atau nanah. Cairan yang keluar bukan air susu melainkan cairan akibat adanya infeksi di dalam jaringan atau sel sel di dalam pay*dara. Jika mengalami kondisi seperti ini maka segera memeriksakan diri ke dokter.

Kanker pay*dara bisa disembuhkan dan diobati jika gejalanya terdeteksi sejak dini. Oleh karena itu, jika mengalami kejanggalan pada pay*dara maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jangan biarkan sel kanker berkembang!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel