11 Cara Ini Ampuh Dan Berguna Menjaga Kesehatan Organ Dalam Tubuh Anda

11 Cara Ampuh Ini Berguna Menjaga Kesehatan Organ Dalam Tubuh

Apa Itu Kesehatan Bagi Organ Tubuh ?

Artikelid.com-Kesehatan merupakan hal utama yang diidamkan setiap orang. Tak bisa dipungkiri, aktivitas yang padat, ditunjang dengan gaya hidup yang tidak sehat berdampak pada penurunan kesehatan tubuh anda. Apalagi paparan polusi dan radikal bebas dari lingkungan semakin memperburuk kondisi kesehatan tubuh. Tak heran jika belakangan ini banyak orang yang mudah terserang penyakit. Gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan organik dapat membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Namun, olahraga saja tidak lah cukup untuk merawat organ dalam seperti jantung, liver, dan paru-paru.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam, antara lain dengan menjaga asupan makanan, dan menerapkan gaya hidup sehat. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ dalam, antara lain:

Baca Juga : Pengertian Kesehatan Tubuh Manusia

1. Menstimulasi Kemampuan Otak

Otak merupakan organ vital yang mempengaruhi kemampuan tubuh anda. Di usia menjelang 40 tahun an, banyak orang yang mengalami penurunan fungsi otak. Agar otak anda bekerja optimal, anda bisa mengasah kemampuan otak dengan kegiatan baru seperti mempelajari bahasa asing, membaca buku, mempelajari hal baru, dan lain sebagainya.

2. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Saat ini, radikal bebas yang diproduksi oleh polusi udara, asap kendaraan, aktivitas pabrik semakin mencancam kesehatan paru-paru. Agar paru-paru anda bekerja secara optimal, anda harus membatasi kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari.

Hindari asap tembakau dan berhenti merokok wajib anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Selain itu anda juga harus mengurangi penggunaan pakaian yang ketat. Pakaian ketat dapat melemahkan fungsi paru-paru karena membatasi pergerakan paru-paru.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Mengkonsumsi alkohol terus-menerus dapat merusak fungsi hati. Tak hanya itu, kebiasaan meminum obat pereda nyeri dengan dosis yang berlebih juga menyebabkan penyakit gagal hati akut. Biasakanlah meminum larutan lemon di pagi hari dan the dandelion untuk merangsang empedu membuang racun yang hinggap di organ hati.

4. Latihan Kardio Untuk Jantung Yang Lebih Sehat

Penyakit jantung menjadi pembunuh nomer satu di dunia. Berkurangnya fungsi jantung biasanya diakibatkan oleh kolesterol dan gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu, tekanan darah tinggi juga menjadi penyebab gagal jantung yang dulit dideteksi karena tidak menampilkan gejala khusus.

Latihan kardiovaskular secara rutin seperti berlari, bersepeda, dan berenang terbukti ampuh untuk mempertahankan fungsi jantung. Konsumsilah bahan makanan yang mengandung antioksidan untuk mencegah terjadinya masalah pada organ jantung anda.

5. 3 Liter Air Sehari Untuk Membersihkan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang befungsi untuk menyaring racun dalam tubuh. Kebiasaan mengonsumsi obat-obatan kimia seperti penurun kolesterol, pereda rasa sakit dan sebagainya dapat menurunkan fungsi ginjal. Usahakan untuk minum maksimal 3 liter air sehari untuk membilas racun dalam ginjal. Anda juga bisa mengkonsumsi teh hijau, jus sayuran dan buah untuk membilas racun pada ginjal.

6. Batasi Asupan Gula Untuk Pankreas Yang Lebih Sehat

Pankreas merupakan organ yang berfungsi untuk melepaskan enzim yang memecah sari makanan. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi dapat menurunkan fungsi pancreas. Batasi asupan gula dan mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu meringankan kerja pankreas dalam memecah sari makanan.

7. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau merupakan sumber vitamin yang meningkatkan kekebalan tubuh anda. Konsumsilah sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kembang kol untuk menjaga asupan vitamin dalam tubuh anda.

8. Makanan Bervitamin D

Makanan yang mengandung vitamin D dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber vitamin D terbaik ada pada bahan makanan yang kita konsumsi sehari hari, seperti jamur, ikan salmon, ikan tuna, kuning telur, dan hati sapi.

9. Rutin Berolahraga

Latihan fisik secara rutin dapat mencegah terjadinya peradangan dan penyakit kronis. Mulai lah dari olahraga ringan seperti berjalan kaki dan berlari kecil. Jika sudah terbiasa, anda bisa mulai melakukan latihan fisik yang lebih berat seperti angkat beban, berlari sprint, latihan bela diri, dan sebagainya.

10. Istirahat Yang Cukup dan Tidak Berlebihan

Tidur yang cukup dan lelap menjadi kunci untuk menjaga kekebalan tubuh anda. Seseorang yang tidur minimal delapan jam pada malam hari, dan rutin dibiasakan selama dua minggu dapat meningkatkan imunitas tubuh, sehingga tubuh anda tidak rentan terhadap serangan virus, bakteri, dan parasit yang menggangu kesehatan.

11. Hindari Stres

Tak bisa dipungkiri, tuntutan pekerjaan dan kesibukan sehari-hari dapat menimbulkan stres. Jika tidak dikelola secara baik, stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh anda, sehingga anda mudah terserang penyakit. Berolahraga dapat membantu mengurangi stres, anda bisa melakukan latihan pernafasan seperti yoga dan meditasi untuk menghilangkan stres.

Nah, itu lah beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menjaga kesehatan organ dalam tubuh anda. Menjalani hidup sehat mungkin melelahkan, namun anda harus membiasakannya sebagai investasi kesehatan di masa depan. Selamat menjalani hidup sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel